MASIGNASUKAv101
8010557751319730093

Ciri-ciri khusus pada hewan

Ciri-ciri khusus pada hewan
Add Comments
Friday 3 November 2017
Hewan-hewan yang ada di bumi ini sangat banyak dan beragam. Hewan-hewan tersebut hidup di lingkungan yang berbeda-beda. Pada umumnya, hewan-hewan tersebut memiliki keunikan serta ciri-ciri khusus, yang dapat membedakan dengan hewan lain. Ciri-ciri yang dimiliki hewan tersebut digunakan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bertahan hidup, melindung diri serta digunakan untuk menyerang mangsa. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa hewan yang memiliki ciri khusus. Misalnya, kelelawar, cecak, bebek dan masih banyak lainnya.
Ciri-ciri khusus pada hewan www.materipelajaransdn.blogspot.com
1. Kelelawar
Kelewar termasuk hewan mamalia, yaitu hewan yang menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Kelelawar tinggal di gua yang sangat gelap atau di pohon-pohon yang tinggi. Di samping memakan buah-buahan, ada juga kelompok kelelawar yang memakan serangga dan mengisap madu. Untuk mendapatkan makanannya kelelawar telah dilengkapi dengan sepasang sayap. Sayap kelelawar berbeda dengan unggas. Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, kelelawar menggunakan sistem sonar.
Ciri-ciri khusus pada hewan

Kelelawar mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin. Kemudian, ia mendengarkan bunyi pantul tersebut dengan indra pendengarannya. Dengan cara itu, kelelawar dapat mengetahui letak suatu benda dengan tepat, sehingga kelelawar mampu terbang dalam keadaan gelap tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya. Kemampuan kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi.

Ciri-ciri khusus lainnya yang dimiliki kelelawar, antara lain :

Ciri-ciri khusus pada hewan
  1. kelelawar memiliki cara tidur yang unik.
  2. sayap kelelawar memiliki kulit yang lentur. Kulit tersebut membentang di antara tulang-tulang jari dan lengannya.
  3. Bagian pada sayap yang mirip cakar itu sebenarnya ibu jari kelelawar. Ibu jari tersebut berfungsi untuk mendaki di bebatuan atau di pohon.
2. Cicak
Cicak termasuk hewan melata. Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset serta dapat menangkap nyamuk. Cecak dapat merayap di langit-langit tanpa jatuh. Seolah-olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit-langit. Hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat.
Ciri-ciri khusus pada hewan
Dapat kita ketahui bahwa pada telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu yang berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit.

Cecak dapat memutuskan ekornya saat terdesak dan dapat tumbuh kembali. Ciri khusus tersebut disebut autotomi.

3. Bebek
Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air. Adapun ciri khusus yang dimiliki bebek antara lain :

  1. berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya yang digunakan untuk mencari makan.
  2. bulu bebek dilapisi oleh minyak, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar

Hewan-hewan yang memiliki ciri khusus lainnya
Tabel ciri-ciri khusus pada hewan

Masih banyak spesies di muka bumi ini yang memiliki ciri khusus yang beragam yang digunakan untuk melindungi diri, mencari makan, untuk beradaptasi serta mencari mangsa.

Materi ciri-ciri khusus pada tumbuhan