MASIGNASUKAv101
8010557751319730093

Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup

Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup
Add Comments
Thursday 2 November 2017
Mahluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. setiap mahluk hidup memiliki ciri-ciri yang khas serta mempunyai kebutuhan khusus seperti memerlukan makanan, bergerak, tumbuh, berkembang biak, bernapas, memerlukan udara, air serta memerlukan tempat hidup. Untuk lebih dapat memahaminya, marilah kita pelajari materi berikut ini.
1. Mahluk hidup memerlukan makanan
Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup
Setiap mahluk hidup pasti memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup serta mahluk hidup juga memerlukan minum. Jika dalam beberapa jam saja mahluk hidup tidak makan maka tubuhnya akan menjadi lemah. Manusia yang tidak makan selama berhari-hari pasti akan meninggal, begitupun dengan hewan dan tumbuhan. Hewan serta tumbuhan juga memerlukan makanan untuk tetap hidup.
Makanan manusia ada yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan maupun hewan lainnya yang dapat dijadikan mangsa. Tumbuhan pun perlu makan, hanya saja cara makanan tumbuhan berbeda dengan cara makan manusia ataupun hewan. Tumbuhan berhijau daun membuat sendiri makanannya. Tumbuhan juga mengambil gas karbondioksida dari udara. Tumbuhan menyerap air yang mengandung banyak zat hara dari dalam tanah. zat hara merupakan campuran berbagai zat yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh subur. Dengan bantuan energi cahaya matahari tumbuhan mengubah air dan karbondioksida menjadi makanannya. Tumbuhan membuat makanannya didaun.
2. Mahluk hidup tumbuh dan berkembangbiak
Perkembangbiakan manusia mahluk hidup berkembangbiak
Mahluk hidup mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar serta dapat berkembangbiak. Artinya, mahluk hidup menghasilkan keturunan yaitu anak yang sama dengan induknya. Dengan berkembangbiak mahluk hidup tetap lestari.
Cara perkembangbiakan mahluk hidup berbeda-beda. Tumbuhan dapat berkembangbiak secara alami dan dapat juga dikembangbiakan secara buatan. Cara hewan berkembangbiak pun berbeda-beda, ada yang bertelur, melahirkan ataupun bertelur dan melahirkan.
3. Mahluk hidup bernafas
Setiap mahluk hidup mempunyai alat pernapasan dalam tubuhnya. Cara bernafas suatu jenis mahluk hidup dapat berbeda-beda dengan jenis mahluk hidup lainnya.
Manusia bernapas dengan menggunakan paru-paru, Hewan bernafas ada yang menggunakan paru-paru serta menggunakan insang atau kulit seperti cacing tanah. Tumbuhan menggunakan seluruh permukaan tubuhnya untuk bernapas. Udara dapat masuk melalui mulut daun yang disebut stomata. Udara juga dapat masuk melalui pori-pori kulit batang yang disebut lentisel dan dapat juga melalui akar.
Semua mahluk hidup membutuhkan udara, air, makanan dan tempat hidup. Air dan makanan dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, udara digunakan untuk bernapas, tempat hidup digunakan untuk mahluk hidup tinggal dan menjalani hidupnya.
Sumber : Sains kelas 3 Erlangga